PEMBUKAAN KKN-IK IAIN KUDUS DI DESA MUTIH KULON, WEDUNG, DEMAK

10 September 2021
Rifqi
Dibaca 198 Kali
PEMBUKAAN KKN-IK IAIN KUDUS DI DESA MUTIH KULON, WEDUNG, DEMAK

Mutih Kulon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN Kudus telah melaksanakan pembukaan KKN-IK di Desa Mutih Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Selasa (07/09/2021)

Pembukaan KKN-IK bertempat di Aula balai desa Mutih Kulon. Acara dibuka oleh kepala desa dan dihadiri oleh perangkat desa, dosen pembimbing lapangan dan peserta KKN-IK desa Mutih Kulon. Kegiatan dimulai tepat pukul 09.00 WIB yang diawali dengan tilawatil qur’an, tahlil dan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan, dan penutup.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh bapak Nafiul Lubab, S. Pd. I, M. Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan, menyerahkan peserta KKN-IK untuk mengabdi di desa Mutih Kulon selama satu bulan. Sambutan yang kedua disampaikan oleh bapak Inwanul Falah selaku Kepala Desa Mutih Kulon, menerima 16 mahasiswa KKN-IK dengan hangat.

Bapak Nafiul Lubab, S. Pd. I, M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Pada KKN-IK ini sedikit berbeda dengan KKN sebelum-sebelumnya. Tahun ini untuk pertama kalinya dilaksanakan secara tatap muka bersama perangkat desa di masa pandemi. Program ini juga mengusung tema ‘Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama’. Bukan hanya itu, KKN ini juga mengikuti kurikulum yang sebelumnya yakni Terintegrasi Kompetensi. Ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menerapkan materi yang sudah dipelajari di bangku kuliah.”

Beliau juga mengatakan bahwa “Dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat, saya menyerahkan 16 mahasiswa untuk mengabdi di desa Mutih Kulon. Mohon bantuannya dari bapak kepala desa dan jajaran untuk berkenan membimbing, mengarahkan, dan mendidik para mahasiswa kami selama mengabdi di desa Mutih Kulon.”

KKN-IK disambut baik oleh Bapak Kepala Desa Mutih Kulon.”Terima kasih sudah diberi kesempatan dalam program Kuliah Kerja Nyata. Saya tertarik dengan tema yang diusung  berkaitan dengan moderasi beragama. Kami harap peserta KKN bisa menjalankan program kerjanya dengan maksimal selama satu bulan”. Ujarnya.

“Sekali lagi selamat datang, kami sangat bersyukur dalam penerimaan ini, selalu menjaga komunikasi dan koordinasi pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-IK selama mengabdi di des”. tuturnya.

Kegiatan pembukaan KKN-IK berjalan dengan lancar dan hikmat. Acara ditutup dengan foto bersama perangkat desa, dosen pembimbing lapangan, dan peserta KKN-IK desa Mutih Kulon.