Potensi Sarana dan Prasarana

09 April 2019
Mizwaruddin
Dibaca 1.346 Kali
Potensi Sarana dan Prasarana

Prasarana dan Sarana Sosial Ekonomi

Pada umunya jenis sarana sosial ekonomi masyarakat Desa Mutih Kulon berupa usaha perdagangan, terutama warung kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang berskala kecil. Selain itu, sarana ekonomi yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat Desa Mutih Kulon adalah perusahaan-perusahaan yang ada di luar desa.

Sektor perekonomian yang manjadi primadona atau usaha prioritas di Desa Mutih Kulon adalah sektor pertanian. Adapun sektor lainnya seperti home industri, pertokoan, perdagangan, dan jasa jumlahnya hanya sebagian kecil dari jumlah penduduk yang ada di Desa Mutih Kulon.

Transportasi dan Perhubungan

Alat transportasi utama yang digunakan warga Desa Mutih Kulon adalah sepeda motor. Hampir semua rumah tangga yang ada di desa ini memiliki sepeda motor sebagai moda transportasi. Adapun jenis jalan yang ada di Desa Mutih Kulon terdiri atas jalan kabupaten, jalan antardesa, jalan perkampungan, dan jalan usaha tani. Dari semua jenis jalan tersebut hampir 90 �lam kondisi baik dengan model bangunan beton.

Telekomunikasi dan Informasi

Penggunaan jaringan komunikasi di Desa Mutih Kulon telah ada sejak tahun 1990-an berupa telekomuikasi Pesawat Intelekom  (Wartel) serta telekomunikasi lewat surat menyurat melalui Kantor Pos. Masuk tahun 2000-an jaringan telekomunikasi lainnya mulai masuk daerah Desa Mutih Kulon seperti jaringan telepon seluler, bahkan jaringan internet sudah mulai masuk.

Pengairan dan Keirigasian

Penanganan pengairan irigasi diarahkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pertanian dilaksanakan melalui kelompok Darmotirto dengan sistem borong. Jaringan irigasi persawahan sudah tertata dengan baik sehingga memudahkan suplai air ke sawah para petani. Adapun sumber air utama untuk saluran irigasi berasal dari Sungai Serang, Sungai Ngebom, dan Sungai Lobang.

 Drainase

Sistem drainase merupakan sistem pengaliran air hujan yang terdiri dari 2 (dua) macam sistem, yaitu sistem drainase melalui sungai, dan selokan. Di Desa Mutih Kulon ada dua sungai/parit di area permukiman warga yang terletak di tengah dan belakang desa. Selain itu, setiap gang/kampung terdapat selokan di sebelah kanan dan kiri jalan gang meskipun belum berfungsi secara optimal. Dengan sistem tersebut diharapkan tidak terjadi genangan air di sekitar perumahan warga saat hujan turun. 

Air Bersih

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seperti minum, mandi, memasak, mencuci, dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, saat ini warga Desa Mutih Kulon sebagian besar sudah memanfaatkan PDAM. Sebagian kecilnya masih memanfaatkan air sumur, air sungai, dan air hujan.

Limbah

Jenis limbah yang terdapat di Desa Mutih Kulon dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu limbah domestik dan limbah non-domestik. Limbah domestik adalah limbah hasil buangan rumah tangga, seperti limbah dari kegiatan mandi, cuci, dan kakus. Sedangkan limbah non-domestik adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan non rumah tangga, seperti limbah penggilingan padi, limbah ternak, limbah Industri rumah tangga (koveksi), dan sebagainya.

Sistem pembuangan limbah di Desa Mutih Kulon sebagian menggunakan jamban keluarga (septictank), memamfaatkan sungai, kolam, dan pembuangan langsung ke saluran drainase yang ada. Namun, kesadaran warga saat ini sudah mulai terlihat dengan hampir semua warga membuang limbah dengan membuat septictank.

Energi

Saat ini, semua rumah tangga  di Desa Mutih Kulon sudah tersambung dengan aliran listrik PLN, baik menggunakan meteran maupun non-meteran (menyambung dari tetangga).